BAHASA SEBAGAI ALAT INTERAKSI DAN ADAPTASI SOSIAL


BAHASA SEBAGAI ALAT INTERAKSI DAN ADAPTASI SOSIAL

A.     ASAL USUL BAHASA
 Menurut Wundt, asal usul bahasa manusia adalah isyarat, dengan gerakan, badan, atau suara yang tidak berbentuk.
Hendak berpendapat bahwa bahasa tumbuh dari kebutuhan praktis manusia objek yang dalam minggu.
Noire berpendapat bahasa adalah kesan yang timbul dari panca indra yaitu pengaruh dari objek (benda-benda yang diamati) terhadap kekuatan panca indra dan juga kapasitas (kemampuan) manusia dalam memindahkan kesan tersebut kepada orang lain. Menurut Noire komunikasi terjadi pertama dalam bentuk isyarat? Emosional dan kedudukan bentuk simbol-simbol yang merupakan kata[1].

v  Fungsi Bahasa dalam Kehidupan Manusia
Dalam hubungan dengan hidup sosial manusia bahasa mempunyai beberapa fungsi sosial yaitu komunikasi sosial, kontrol sosial, dan kerja sama sosial. Dalam situasi inilah mereka dipermudahkan dan ditentukan oleh bahasa mereka masing-masing. Fungsi bahasa dalam komunikasi adalah untuk mengirim pesan. Bila pesan itu kita kirim dengan bahasa verbal, itu berartikita mengirim pesan secara verbal.
Dalam studi psikologi sosial bahasa merupakan hal penting karena :
1.      Bahasa merupakan media dasar bagi interaksi sosial
2.      Bahasa adalah satunya pembawa kebudayaan dari satu generasi pada generasi berikutnya yang mentransfer mekanisme ide-ide dan bentuk tingkah laku.
3.      Bahasa memungkinkan suatu rangkaian pengertian definisi-definisi umum yang sama diantara manusia.
4.      Bahasa memegang peranan penting dalam pertumbuhan anak dari sejak taraf hidup biologisnya sampai dengan hidup kemasyarakatannya sebagai makhluk sosial.
5.      Tanpa bahasa dalam kehidupan sosial manusia tidak dapat mewujudkan hubungan dan manusia lain.

Terutama sekali tujuan yang hendak dicapai materi dakwah yang baik seiring dan searah dengan kondisi sasaran, objek dakwah yang dituju. Materi dakwah yang paling tidak menjadi ukurannya adalah dapat diterima, dipahami dengan mudah oleh pendengar (mad’u).
Oleh karena itu faktor bahasa nampak elemen dakwah yang mesti dimiliki oleh para pelaku dakwah sehingga akan mempermudah dai untuk menyusun pesan (materi) yang dengan kata-kata yang bagus. Jika dakwah yang dilaksanakan mampu memperhatikan bahasa kepada siapa objek dakwah itu ditujukan. Maka dakwah yang dilakukan akan lebih komunikasi[2].
Bahwa dakwah yuang mampu mengadakan perubahan terhadap objek dakwahnya sangat tergantung pada bahasa yang dipergunakan.

B.     Interaksi
Dalam kehidupan seorang individu selalu berhubungan dengan lingkungan fisik, psikis dan lingkungan rohaniah. Menurut Wood Worth seperti yang dikutip oleh WA Gerungan, pada dasarnya terdapat empat jenis hubungan antara individu dengan lingkungannya yaitu :
v  Individu bertentangan dengan lingkungannya
v  Individu menggunakan lingkungannya
v  Individu menyesesuaikan diri dengan lingkungannya

Interaksi diartikan sebagai suatu bentuk hubungan antara dua orang atau lebih, dimana tingkah laku seseorang diubah oleh tingkah laku orang lain. Perubahan tingkah laku seseorang dai tersebut menjadi dorongan antar pribadi dan respont antar pribadi yang bersifat biologis.

C.     Adaptasi
Adaptasi adalah penyesusaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan sekitarnya agar dapat bertahan hidup.
Cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan disekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungan mampu untuk :”
1.      Memperoleh air,udara dan nutrisi
2.      Merespon perubahan yang terjadi disekitar

D.    Sosial
Sosial sebagai fungsi komunikasi massa bagi dominik sosial merupakan transinisi nilai-nilai dari suatu kelompok media massa menyajikan penggambaran masyarakat dan dengan membaca, mendengarkan dan menonton maka seseorang mempelajari bagaimana khalayak berperilaku dan nilai-nilai apa yang penting.
Seperti halnya dengna Macbride pula, bagi Dominick pun hiburan merupakan fungsi media massa, mengenai hal ini memang jelas tampak pada televisi, film dan rekaman suara. Media massa lainnya seperti surat kabar dan majalah meskipun fungsi utamanya adalah informasi dalam bentuk pemberitahuan. Rubrik-rubrik hiburan selalu ada, apakah itu cerita pendek, cerita panjang atau cerita bergambar?
Bagi pembaca, rubrik-rubrik hiburan ini memang penting untuk melepaskan saraf-saraf setelah ebrjam-jam membaca berita-berita berat yang terjadi baik di dalam negeri maupun diluar negeri.


DAFTAR PUSTAKA

Bahri Hazali,. Dakwah komunikasi Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya Jakarta, 1997

Widjaya, Ilmu Komunikasi Pengantar Studi, Jakarta: Rineka Cipta, 2000



[1] Widjaya, Ilmu Komunikasi Pengantar Studi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), hal. 118
[2] Hazali Bahri, Dakwah komunikasi Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya Jakarta, 1997), hal. 9

No comments:

Post a Comment